Minggu, 19 Februari 2012

Waspadai Berbagai Penyakit di Musim Pancaroba

Bandung - Waspadai berbagai penyakit di musim pancaroba seperti saat ini. Sebab sejumlah penyakit rawan menyerang siapapun di tengah kondisi cuaca yang tidak mengenakan.

Menurut Dirut RS Hasan Sadikin (RSHS) Bayu Wahyudi, ada beberapa penyakit yang harus diwaspadai di musim pancaroba. Beberapa penyakit itu di antaranya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), diare, influenza, batuk hingga demam berdarah dengue (DBD).

"Dengan kondisi cuaca seperti saat ini, tubuh memang rentan terhadap penyakit-penyakit tersebut," kata Bayu kepada detikbandung di ruang kerjanya, Jumat (17/2/2012).

Hingga saat ini, warga yang datang memeriksakan diri ke RSHS mengalami peningkatan, khususnya pasien yang terserang DBD. "Sekarang sudah mulai ada peningkatan, tapi belum dan mudah-mudahan tidak banyak," ungkapnya.

Sebagai langkah antisipasi, Bayu mengimbau masyarakat untuk waspada. Beberapa langkah bisa dilakukan untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut menyerang.

"Antisipasinya, yang jelas harus menjalankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), istirahat yang cukup, jangan terlalu kecapekan, kalau bisa ditambah olahraga," imbau Bayu.

(ors/ors)

Bersumber dari : Oris Riswan Budiana - detikBandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar