Kamis, 16 Februari 2012

Investasi Terbaik di Tahun 2012

Jika anda akan membeli tanah dengan maksud untuk membangun rumah diatasnya, pastikanlah bahwa tanah tersebut padat. Membangun rumah diatas pasir sangat berbahaya, sebab rumah anda akan mudah ambruk saat terkena erosi. Meskipun anda tidak berminat untuk membangun rumah diatasnya, anda harus memperhatikan aspek ini sebab anda akan menemui kesulitan saat jual tanah suatu hari nanti.

Carilah rumah atau tanah dilokasi yang strategis seperti dekat dengan sekolah, pasar ataupun perkantoran. Niscaya harga jual tanah atau dijual rumah akan meningkat drastis dalam waktu dekat. Pastikan bahwa tanah atau rumah tidak dekat suntet ataupun dibawah kabel listrik tegangan tinggi. Hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan manusia, karena medan listrik yang mengalir bisa merusak jaringan tubuh manusia. Jika anda memilih untuk membeli rumah second, maka pastikan bahwa kondisi rumah masih dalam keadaan bagus, mengingat anda tidak mengikuti proses pembangunannya dari awal. Ada kemungkinan bahwa penguni rumah sudah melakukan banyak ’tambal sulam’ pada rumahnya jika kualitas bangunan tidak prima. Selain itu proses administrasi menjual rumah second agak rumit daripada rumah baru mengingat banyaknya urusan yang harus diselesaikan seperti klarifikasi bebas sengketa dari pemilik sebelumnya, status tanah apakah itu hak milik atau hak guna pakai, sertifikat tanah serta bangunan dan masih banyak lagi yang terkadang membutuhkan waktu berbulan-bulan dalam pengurusannya. Memang untuk membeli rumah second juga memiliki kelebihan, berhubung anda dapat melihat langsung kondisi lingkungan sekitar rumah dan infrastruktur yang ada. Bangunan yang sudah ada bahkan bisa ditawar jika pemilik sedang membutuhkan uang.

Lain halnya dengan rumah baru yang dibeli dari kontraktor. Anda hanya bisa melihat desain rumah serta gambaran lingkungan rumah yang terkadang belum tentu sama dengan hasilnya. Biasanya pajak rumah baru juga sedikit mahal. Jika anda memutuskan untuk membangun rumah sendiri, anda bisa lebih leluasa menentukan tanah serta desain rumah. Ataupun jika anda berubah pikiran untuk tidak membangun rumah, maka anda tinggal jual tanah tersebut saja.

Bersumber dari : www.media-nusantara.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar