Kamis, 19 Januari 2012

Sayuran Dapat Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Jakarta - Kurangnya nafsu makan pada anak sering jadi masalah. Ada cara jitu buat menyiasati agar anak doyan makan. Sayuran yang berwarna-warni ternyata lebih merangsang selera makan anak. Kecukupan nutrisi terjamin dan anakpun sehat.

Para peneliti dari Pennsylvania State University melakukan penelitian dengan mengolah beberapa sayuran menjadi sup kental untuk dimakan oleh anak-anak, sup tersebut dapat mengurangi kalori setiap kali makan tetapi tetap menjaga berat badan anak.

Tiga kali dalam tiga minggu, sebanyak 40 anak secara acak diberikan makan secara teratur, dalam satu hari makan sayuran 3 hingga 4 kali. Hasilnya mereka makan dengan porsi lebih sesuai dengan keinginannya.

Responden selanjutnya berusia 6 tahun yang berada di pusat penitipan anak, mengkonsumsi jumlah makanan yang sama berat, dan sudah termasuk sup sayuran kental. Pada penelitian ini, mereka yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan sayuran 4 kali lipat total asupan sayuran sebesar 73 gram dan mengurangi asupan kalori sekitar 12 persen.

Beberapa anak juga diminta untuk menilai rasa sayuran, hasilnya lebih dari 70 persen anak mencicipi sayuran yang dicampur atau sup mereka cenderung menyukainya. Penelitian ini juga telah di catat hasilnya pada bulan Juli lalu di The American Journal of Clinical Nutrition.

Cara ini cukup efektif untuk mengatasi kurang nafsu makan pada anak, selain mendapatkan manfaat yang besar untuk tubuh, anak juga dapat mempelajari warna dan rasa dari masing-masing sayuran.


(Odi/Odi)

Bersumber dari : detik.com ( Dyah Oktabriawatie - detikFood )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar