Kamis, 22 Desember 2011

Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan salah satu keluhan tersering yang menyebabkan anak dibawa ke dokter anak. Meskipun ada banyak sekali penyebab sakit kepala, tetapi kebanyakan sakit kepala pada anak umumnya ringan saja dan berdampak serius. Memang ada beberapa penyebab sakit kepala yang berat dan serius (seperti tumor otak), tetapi sangat jarang. Penyebab paling sering pada anak adalah: stres karena sekolah, karena infeksi virus ringan, sinusitis, atau gangguan penglihatan.
 
Sakit kepala pada anak dapat dibedakan menjadi sakit kepala tension, migrain, atau melayang/sempoyongan. Sakit kepala tension dirasakan sebagai sakit kepala hampir di seluruh kepala dan kepala terasa berat. Sakit kepala migrain dirasakan hanya di satu sisi kepala saja dan berdenyut. Sakit kepala melayang/sempoyongan umumnya disebabkan oleh infeksi virus seperti ISPA, dsb. Permasalahan di sekolah seperti tahun ajaran baru, guru baru, teman baru, banyaknya pekerjaan sekolah dapat menjadi sebab sakit kepala pada anak.

Pengobatan sakit kepala yang ringan sebenarnya tidak terlalu sulit. Berikan anak istirahat atau tidur lebih lama dari biasanya, tanyakan adakah permasalahan yang dapat dibicarakan dengan Anda (bila anak sudah lebih besar), dan juga berikan kasih sayang yang lebih terlihat seperti memijit leher dan kepala anak. Bila sakit dirasakan cukup berat, dapat diberikan obat analgetik. Untuk sakit kepala pada anak pemberian sirup parasetamol biasanya sudah cukup bermanfaat.

Bawalah anak ke dokter anak bila:
  • Sakit kepala tidak menunjukkan perbaikan dalam 24 jam, atau bahkan memburuk.
  • Sakit kepala disertai mual, muntah
  • Sakit kepala disertai kejang
  • Ataupun ada gangguan penglihatan (seperti melihat blur atau double).
Bersumber dari : www.kiddiecarecentre.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar