Selasa, 25 Oktober 2011

Kiat Supaya Tidak lekas Pikun

Pikun atau Demensia biasanya hanya dialami oleh orang-orang yang berusia lanjut atau yang biasa disebut dengan lansia. Sebabnya adalah karena penurunan fungsi-fungsi otak. hal itu mengakibatkan melemahnya daya ingat.

Namun demikian masih ada cara untuk mencegahnya atau menguranginya. Yaitu dengan cara membiasakan hidup sehat sejak dini, dan masih ada banyak cara lagi. Memang ini bukan berarti mencegah total melainkan hanya mengurangi laju kemundurannya saja. Cara hidup sehat ini yakni dengan mengendalikan kebiasaan tidur, makan dan berat badan.

Mengenai mengendalikan makan yaitu janganlah makan yang berlebihan lemak. Sebab itu bisa mengganggu sistem peredaran darah atau kardiovaskular dan bisa mengakibatkan Demensia.

Selain itu juga harus aktif secara sosial dengan lingkunngan. Sehingga otak dapat aktif dan mendapatkan penyegaran kembali. Juga kta harus rajin menggunakan otak atau mengasah otak. Bukan hanya dengan menjawab permainan teka-teki tapi juga dengan membaca, nonton film yang bermutu dan mendengarkan musik yang juga bermutu. Semua ini adalah kegiatan yang beraspek kognitif atau mengaktifkan pikiran.

Juga dengan cara bermeeditasi. Karena meditasi dipercaya dapat meningkatkan dehiroepiandrasteron. Suatu hormon yang dapat meningkatkan kualitas fungsi otak. Atau secara sederhananya bahwa dengan bermeditasi kita dapat merasakan relaks sehingga pikiran nantinya bisa lebih fokus sehingga bisa dengan mudah mengingat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar