Sabtu, 29 Oktober 2011

Desain Jendela Bundar

Ada banyak macam jendela indah untuk bangunan yang berseni. Ada yang bersegi empat, delapan dan bahkan ada yang segi tiga. Namun kali ini kita akan membahas yang tidak bersegi alias bundar. Sebab jarang sekali bangunan menggunakan yang berbentuk ini kecuali untuk kapal laut dan kapal terbang.

Namun bukan berarti tidak bisa digunakan untuk bangunan gedung atau rumah. Sebab di jaman dulu bangsa Cina juga telah mengunakan desain jendela bundar ini. Bahkan pintu dan gapura pun juga dibuat bundar.

Nama jendela ini adalah jendela Bop Window. Namun katanya menurut seni Arsitektur, kita jangan menggunakan lebih dari satu jendela bundar untuk bangunan rumah. Sebab tujuannya hanya untuk penarik perhatian saja dan kesannya malah jadi eksklusive. Bila ada beberapa jendela bundar maka kesan yang ditimbulkan bahwa bangunan tersebut akan mirip kapal laut.

Jadi jendela bundar tersebut harus kita padukan dengan bentuk-bentuk lainnya sehingga serasi. Jendela Bop Window ini bisa kita buat dengan menggunakan bingkai kayu atau kita tinggal membelinya di toko yang buatan pabrik dan ada berbagai macam ukurannya serta jenis dan ketebalan kacanya. Biasanya terbuat dari frame aluminium.

Kontraktor tentu mengerti permintaan kita bila kita menginginkan jendela bundar. Sehingga dia tahu bagaimana desainnya yang baik. Dan di mana akan menaruh letak jendela Bop Window tersebut. Bop Window bisa berfungsi sebagai jendela sesungguhnya ataupun hanya sebagai variasi saja dan diberi kaca buram atau kaca patri kombinasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar