Rabu, 21 Maret 2012

Penyakit yang Diduga Chikungunya Merebak Sejak Awal Tahun

Bandung - Penyakit dengan gejala mirip chikungunya diderita lebih dari 100 warga Kampung Karang Asih RW 13 Kelurahan Sadang Serang, Kecamatan Coblong. Penyakit itu merebak sejak awal tahun ini.

"Gejala penyakit ini diderita warga dari awal tahun," kata Euis Marliah, sekretaris PKK Kelurahan Sadang Serang, saat ditemui di rumahnya, Selasa (20/3/2012).

Sebelumnya, Euis menyebut di daerahnya tidak pernah ada warga yang mengidap penyakit dengan gejala mirip chikungunya. Namun setelah ada salah seorang warganya yang terjangkit, warga lainnya kemudian menderita penyakit yang sama.

"Sebelumnya mah enggak pernah ada. Baru dari awal tahun ini saja sampai sekarang," tuturnya.

Gejala penyakit mirip chikungunya itu menyebar di RT 1 hingga 5 RW 13. Diperkirakan lebih dari 100 warga terkena penyakit tersebut.

Informasi yang dihimpun detikbandung, penyebab penyakit chikungunya adalah sejenis alphavirus yang ditularkan lewat nyamuk aedes aegypti.

Gejala penyakit tersebut di antaranya demam hingga 39 derajat celcius, nyeri pada persendian terutama sendi lutut, pergelangan, jari kaki dan tangan serta tulang
belakang yang disertai ruam (kumpulan bintik-bintik kemerahan) pada kulit. Terdapat juga sakit kepala, conjunctival injection dan sedikit fotofobia.

(ors/ern)

Bersumber dari : Oris Riswan Budiana - detikBandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar