Senin, 27 Agustus 2012

Ditemukan Virus Baru yang Menyerang Anak-anak


Jakarta, Baru-baru ini, puluhan anak di Amerika didiagnosis menderita jenis penyakit baru yang disebabkan oleh virus. Virus tersebut sebelumnya hanya ditemukan di Afrika dan Asia, tetapi kini telah merambah ke benua Amerika dan menjadikan anak-anak sebagai targetnya.

Anak biasanya tampak sehat seperti biasa ketika pergi tidur di malam hari, tetapi anak akan bangun dengan demam tinggi dan muncul ruam berwarna merah terang di seluruh tubuh. Penyebabnya adalah jenis baru dari virus penyakit coxsackie umum yang biasanya menyebabkan penyakit.

Jenis virus baru tersebut adalah coxsackie A6, yang biasanya hanya ditemukan di Afrika dan Asia yang kini juga telah bermunculan di seluruh Amerika. Seorang peneliti Bernard Cohen bersama rekannya Kate Puttgen menyelidiki sekitar 50 kasus penyakit yang disebabkan oleh virus coxsackie A6 tersebut.

"Sebagian besar kasus penykit ini bersifat jinak dan bahwa hampir semua pasien sembuh dalam waktu 7 sampai 10 hari tanpa pengobatan dan tanpa komplikasi yang serius," kata Cohen dan Puttgen, seperti dilansir health.india, Senin (27/8/12).

Virus coxsackie menyerang bayi dan anak di bawah usia lima tahun di musim panas dan musim gugur. Gejalanya meliputi demam dan munculmya ruam yang tidak gatal di kulit dengan bintik-bintik merah pada kaki, tangan dan mulut atau sariawan.

Penularan penyakit karena virus coxsackie dapat dicegah dengan rajin mencuci tangan setelah beraktivitas di luar rumah dan selalu menjaga kebersihan umum.

Jika anak mengalami demam ringan, pantaulah kondisinya dan segera hubungi dokter ketika suhu badan mulai naik dan muncul ruam merah pada kulit.

(ir/ir)
Bersumber dari : Linda Mayasari - detikHealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar